Kunci Jawaban IPA Erlangga kelas XI semester 1 Bab nya lupa

by 10:22 AM 1 komentar
1.    Jelaskan dampak negatif dari hujan asam!

a)      Description: Dampak hujan asam pada manusiaHujan asam dengan kadar keasaman tinggi dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada manusia. Kabut yang mengandung asam sulfat bersama-sama dengan udara terhisap dan masuk ke dalam saluran pernapasan manusia dapat merusak paru-paru bahkan dapat menyebabkan luka bakar pada kulit.Untuk manusia, hujan asam dapat menimbulkan penyakit gatal, penyakit pernafasan seperti paru-paru, brokhitis dan emphisema.

b)      Menyebabkan korosi dan merusak bangunan. Hujan asam dapat mempercepat proses korosi. Proses korosi (perkaratan) dapat terjadi pada beberapa material dari logam. Korosi adalah peristiwa perusakan logam akibat terjadinya reaksi kimia antara logam dengan lingkungan yang menghasilkan produk yang tidak diinginkan.
Description: Dampak hujan asam pada bangunan
Gambar. (a) Paku berkarat, (b) tugu batu rusak akibat hujan asam

c)      Description: Dampak hujan asam pada tumbuhanTumbuhan menjadi layu, kering dan mati. Hujan asam yang larut bersama nutrisi di dalam tanah akan menyapu kandungan nutrisi dalam tanah sebelum tumbuhan sempat mempergunakannya untuk tumbuh. Zat kimia beracun seperti aluminium juga akan terlepas dan bercampur dengan nutrisi. Apabila nutrisi ini diserap oleh  tumbuhan akan menghambat pertumbuhan, menghalangi perkecambahan dan reproduksi secara langsung akan meracuni tunas yang halus berikut juga akarnya dan mempercepat daun berguguran, kemudian tumbuhan akan terserang penyakit, kekeringan, dan mati

d)      Description: Dampak hujan asam pada perairanMerusak ekosistem perairan. Hujan asam yang jatuh pada danau akan meningkatkan keasaman danau. Keasaman danau yang menin  gkat menyebabkan beberapa spesies biota air mati karena tidak mampu bertahan di lingkungan asam. Meskipun  ada beberapa spesies yang dapat bertahan hidup tetapi karena rantai makanan terganggu maka spesies tersebut dapat mengalami kematian pula.

2.    Jelaskan bagaimana pemanasan global dapat terjadi saat ini!
1)      Polusi Karbondioksida dari pembangkit listrik bahan bakar fosil:
Ketergantungan manusia yang semakin meningkat pada listrik dari pembangkit listrik bahan bakar fosil membuat semakin meningkatnya pelepasan gas karbondioksida sisa pembakaran ke atmosfer yang dapat menyebabkan pemanasan global.
2)      Polusi Karbondioksida dari pembakaran bensin untuk transportasi:
Sumber polusi karbondioksida lainnya berasal dari mesin kendaraan bermotor. Apalagi, keadaan semakin diperparah oleh adanya fakta bahwa permintaan kendaraan bermotor setiap tahunnya terus meningkat seiring dengan populasi manusia yang juga tumbuh sangat pesat.
3)      Gas Metana dari peternakan dan pertanian:
Gas metana menempati urutan kedua setelah karbondioksida yang menjadi penyebab terdinya efek rumah kaca. Gas metana dapat bersal dari bahan organik yang dipecah oleh bakteri dalam kondisi kekurangan oksigen, misalnya dipersawahan. Proses ini juga dapat terjadi pada usus hewan ternak, dan dengan meningkatnya jumlah populasi ternak, mengakibatkan peningkatan produksi gas metana yang dilepaskan ke atmosfer bumi.
4)      Aktivitas penebangan pohon:
Seringnya penggunaan kayu dari pohon sebagai bahan baku membuat jumlah pohon semakin berkurang. Apalagi, hutan sebagai tempat pohon kita tumbuh semakin sempit akibat beralih fungsi menjadi lahan perkebunan seperti kelapa sawit. Padahal, fungsi hutan sangat penting sebagai paru-paru dunia dan dapat digunakan untuk  mendaur ulang karbondioksida yang terlepas di atmosfer bumi.
5)      Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan:
Kebanyakan pupuk kimia ini berbahan nitrogenoksida yang 300 kali lebih kuat dari karbondioksida sebagai perangkap panas, sehingga ikut memanaskan bumi. Akibat lainnya adalah pupuk kimia yang meresap masuk ke dalam tanah dapat mencemari sumber-sumber air minum kita.

3.    Sebutkan gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh materi particulat!

1.      Dapat bersifat akut pada saluran pernafasan bagian bawah seperti pneumonia dan bronchitis baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa dan dapat mengiritasi membran mukosa saluran pernafasan dan menimbulkan bronco konstriksi karena sifatnya yang iritan. Hal ini dapat merusak terhadap saluran pertahanan pernafasan (bulu hidung, silia, selaput lendir) sehingga dengan rusaknya pertahanan pernafasan ini kuman dengan mudah dapat masuk kedalam tubuh dan menimbulkan penyakit infeksi saluran nafas akut.
2.      Mengubah fungsi paru-paru.
3.      Kanker
4.      Penyakit Jantung
5.      Asma
6.      menyerang berbagai sistem tubuh seperti sistem pencernaan dan sistem syaraf.
7.      Gangguan ginjal
8.      Keterbelakangan mental pada anak-anak

4.    Bahaya apakah yang dapat timbul dari penipisan ozon di lapisan atmosfer?

a.      permukaan bumi akan lebih terbuka terhadap radiasi UV-B yang mempunyai gelombang pendek sehingga akan merusak kehidupan yang mengakibatkan semakin besarnya radiasi sinar ultraviolet yang jatuh ke permukaan bumi dan dapat menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan dan juga kesehatan Seperti timbulnya penyakit kanker kulit, katarak, dan pelemahan sistem daya tahan tubuh.
b.      Akibat paling buruk pada lingkungan adalah terjadinya perubahan suhu secara global (global warming). Dimana gunung-gunung es di kutub utara akan mencair mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Lambat laun daratan di bumi pun akan tenggelam.
c.       dapat merusak tanaman dan mengurangi hasil panen.
d.      Description: http://1.bp.blogspot.com/_OQ2IjidCCq4/SRHFshcTfBI/AAAAAAAAABo/faUyOGQdYUc/s200/ozon.gifDi laut radiasi dengan intensitas tinggi akan merusak atau membunuh anak ikan, kepiting dan udang serta fitoplankton di laut, yang merupakan basis rantai makanan di laut, telah mengalami tekanan akibat ultraviolet. Tekanan ini dapat berdampak pada manusia berupa terpengaruhinya pasokan makanan dari laut (US EPA , Air Quality Archive).
e.      banyak tanaman lambat pertumbuhannya dan sebagian mungkin akan menjadi kerdil, hasil sejumlah tanaman budidaya akan menurun dan hutan-hutan akan menjadi rusak.

5.    Sebutkan contoh dampak polusi air!

-          Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen
-          Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air (eurotrofikasi)
-          Pendangkalan dasar perairan
-          Tersumbatnya penyaring reservoir dan menyebabkan perubahan ekologi
-          Dalam jangka panjang adalah kanker dan kelahiran cacat
-          Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan yaitu selain membunuh hama dan penyakit juga membunuh serangga dan makhluk terutama predator
-          Kematian biota kuno, seperti plankton, ikan, bahkan burung
-          Mutasi sel, kanker, dan leukimia


6.    Jelaskan minimal 3 jenis penyakit menular yang tersebar melalui air!

1)      Water diseases merupakan penyakit yang ditularkan langsung melalui air minum, seperti kolera, tifus, dan disentri
2)      Water washed diseases merupakan penyakit yang berkaitan dengan kekurangan air hygiene perorangan, seperti scabies, infeksi kulit dan selaput lender, trachoma dan lepra.
3)      Water based diseases merupakan penyakit yang disebabkan oleh bibit penyakit yang sebagian siklus kehidupannya berhubungan dengan schistosomiasis.
4)      Water related vectors adalah penyakit yang ditularkan oleh vector penyakit yang sebagian atau seluruhnya perindukkannya berada di air, seperti malaria, demam berdarah dengue, dan filariasis.

7.    Mengapa DDT dianggap sebagai senyawa yang berbahaya?
a.      DDT dapat menyebabkan kanker dan pertanian yang mereka gunakan merupakan ancaman bagi satwa liar, terutama burung. menggunakan penyakit vector.
b.      DDT mengakibatkan menurunnya populasi burung elang sampai hampir punah di Amerika Serikat.
c.       DDT menyebabkan cang­kang telur elang menjadi sangat rapuh sehingga rusak jika dieram.
d.      Sifat apolar DDT: ia tak larut dalam air tapi sangat larut dalam lemak. Makin larut suatu insektisida dalam lemak (semakin lipofilik) semakin tinggi sifat apolarnya. Hal ini merupakan salah satu faktor penyebab DDT sangat mudah menembus kulit
e.      Sifat DDT yang sangat stabil dan persisten. Ia sukar terurai sehingga cenderung bertahan dalam lingkungan hidup, masuk rantai makanan (foodchain) melalui bahan lemak jaringan mahluk hidup. Itu sebabnya DDT bersifat bioakumulatif dan biomagnifikatif.
f.        dapat menyebabkan penyakit kanker, dapat menimbulkan otot kejang hingga kelumpuhan
g.      Efek keracunan kronis DDT adalah kerusakan sel-sel hati, ginjal, sistem saraf, system imunitas dan sistem reproduksi

8.    Mengapa Eutrofikasi dapat menurunkan kadar oksigen yang terlarut di perairan?

Karena Faktor utama penyebab eutrofikasi adalah fosfat yang sangat banyak akibat limbah. Fosfat inilah yang disinyalir menyebabkan tumbuhan air dan fitoplankton mengalami pertumbuhan dan perkembangbiakan yang sangat cepat (blooming). Banyaknya tanaman air dan fitoplankton ini  membuat kebutuhan oksigen terlarut (BOD) dalam air meningkat sekaligus menurunkan kandungan oksigen terlarut (DO) secara drastis bahkan bisa mencapai nol.

9.    Jelaskan efek keracunan timbel/timah bagi manusia!
·         menimbulkan rasa haus dan rasa logam disertai rasa terbakar pada mulut
·         Lidah berlapis dan nafas mengeluarkan bau yang menyengat.
·         Pada gusi terdapat garis biru yang merupakan hasil dekomposisi protein karena bereaksi dengan gas Hidrogn Sulfida
·         Tinja penderita berwarna hitam karena mengandung Pb Sulfida, dapat disertai diare atau konstipasi.
·         Sistem syaraf pusat juga dipengaruhi, dapat ditemukan gejala ringan berupa kebas dan vertigo. Gejala yang berat mencakup paralisis
·         menyebabkan pergelangan tangan terkulai ( wrist drop ) dan pergelangan kaki terkulai (foot drop).
·         mengalami gangguan sistem pencernaan, pengeluaran urin sangat sedikit, berwarna merah.
·         mempengaruhi system syaraf dan ginjal, sehingga  menyebabkan anemia dan kolik mempengaruhi fertilitas, menghambat pertumbuhan janin atau memberikan efek kumulatif
·         mempengaruhi fungsi kognitif, kemampuan belajar, memendekkan tinggi badan, penurunan fungsi pendengaran.

10.  Sebutkan contoh dampak polusi tanah bagi kegiatan pertanian!
a)      Tumbuhan tidak dapat hidup di lahan pertanian.
b)      Tanah menjadi tandus.

c)      Penurunan hasil pertanian.





nawdyhpra                                                                               amesbiebsbow

TheN2SD

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar: