Minggu, 20 September 2020

Hati-hati Penjual juga bisa DITIPU

 Assalamualaikum Wr Wb Guys,

Jumpa lagi bersama gue, Ames...

Jadi gini, gua mau sharing pengalaman gua jualan barang online dan hampir ditipu, tapi Alhamdulillah, nggak jadi ditipu, karena menurut gua penipu ini kurang cerdik tapi ya lumayan lah ada modus baru yang bisa kita pelajari. 


11 Juni 2020

Jadi gua jualan sepatu kan, di olx ama shopee. Nah ni orang ngontak gw dari olx. Nah semalem banget sebelum orang ini ngontak gue dari WA, gue dapet notif kayak gini dari OLX (Ngasih tau kalo ada orang yang mencurigakan yang nyoba ngontak gue). Cuma gua gak tau kan no hp si penipu itu yg mana, berhubung banyak banget orang asing yang ngontak gue via WA.


Cuma anehnya dari sekian banyak orang, cuma ada satu orang dengan no HP 087765796167 yang gak nawar barang dagangan gue. Terus cara ngetiknya kayak orang bener gitu dah. Terus gua kan males ya transaksi kalo langsung ke rekening gua, jadi gue nyuruh dia beli barang gue lewat shopee / tokped / bukalapak biar aman.

Eh dia kayak gamau gitu. Gua udah feeling aja ni orang kayaknya penipu. Dia minta barang dikirim ke daerah Tasik. Terus dia nanyain mulu ke gue, kalo dikirim ke Tasik ongkirnya berapa? ya basa-basi gitulah intinya. 

Dia nanya, gua pake ATM apa, gua bilang ada BNI ada BCA, terserah lu deh gan mau transfer kemana. Abis itu dia minta ke BCA aja kan, terus kocaknya dia minta gue fotoin kartu ATM ama KTP gw bersamaan dengan sepatu yang gue jual (dia ngirim contohnya juga). 










Gua sepik aja kalo BCA gua yang cardless jadi ngga ada debit card fisiknya ama gue pura-pura nginfoin dia kalo bokap gw polisi wkwkw soalnya gw emng takut ditipu. Eh abis itu dia nyuruh pake BNI aja, jadi nggak perlu foto KTP, debit card & sepatu gue. Abis itu, intinya dia bilang ke gue kalo dia udah transfer ke rekening gua. Tapi pas gua cek ke saldo rekening gue, kok ga ada uang masuk ya? malah ada sms masuk berupa kode verifikasi gitu dari Uangku. Gue abaikan aja, karena gua tau ini penipuan pasti.





Eh gak lama dia nelpon gue, padahal gue udah bilang gua mau sholat maghrib. Trs anehnya ni si penipu pas ngobrol ama gue, logatnya kayak orang luar pulau jawa dah, bukan orang Tasik banget logatnya.

Terus dia kayak lagi kumpul rame-rame gitu dah ama temen-temennya (soalnya pas dia nelpon gue, lagi rame banget suaranya). Sambil nelpon, dia ngasih instruksi ke gua buat masukin kode ke mbanking, caranya kayak gini : 

Buka M Banking BNI, terus klik Produk & Jasa Lainnya, terus pilih BNI Debit Online (VCN) abis itu input kode yang di sms uang ku ke kolom Nominal BDO atau VCN

( dia ampe ngirimin gif tutorial gitu loh) trs ngediktein gw deh disuruh buka mbanking sesuai instruksi dia. (btw inii GIF nya ) 

Berhubung gue gatau VCN ini apa, gua cari info lah, pertama gua cari tweets orang-orang di twitter pake keyword VCN penipu dan rata-rata orang yang ngetweet tentang VCN Penipu itu memang menjelaskan tentang modus penipuan, dan yang kedua gua tanya ke custome care bni dan jawabannya gini.

Intinya kalo lu masukin kode dari uangku (atau platform sejenis) si penipu ini bisa belanja online pake duit di rekening lu sesuka hati dia. Jadi dia bisa gunain saldo rekening lu tanpa perlu M-Banking ataupun debit card lu.
Gua sempet panik si, ampe ngecekin mutasi rekening gua jg, tp Alhamdulillah ga ada yg berkurang. 

Terus kayaknya dia juga punya cara lain buat nipu kita, kalo semisal kita motoin ktp ama atm bca kita, seperti apa yang dia minta. untuk penipuan versi debit BCA, gua belum tau ya guys gimana modusnya. 

Btw ini alamat pengiriman yang dia minta guys. Dia ngasih tau suruh kirim ke Nurul Hasanudin di Desa Sukamukti, Tasikmalaya.



Trs gue langsung ngirim VN ke dia, gue bilang kalo gua udah tau dia nipu. Tapi dia masih sok bodoh, sok polos lah intinya. Kesel banget gua dan ampe sekarang dia masih belom ngeblock nomor gw. 
Btw gw ngeri juga dia pake DP foto orang lain dan contoh foto ktp + sepatu yang dia kasih ke gw (yang atas nama Nurul Hasanudin) bisa jadi foto KTP dari korbannya dia.
Hati-hati ya guys, makin parah sekarang modus penipuan.





Thank you ya sudah baca sampe bawah ini, be careful ya guys, waspadalah. 
Wassalam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar